Brigjen TNI Prince Meyer Putong dan Wali Kota Tatong Tanam Pohon Berbagai Jenis di Hutan Kota

Bolmong -- Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH beserta Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ivonne Meyer Putong didampingi Wali kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, para Kasi Korem 131/Santiago dan Dandim 1303/Bolmong melaksanakan penanaman pohon di hutan Kota Kotamobagu, Selasa (28/7/2020).

Hutan Kota Kotamobagu tersebut berada di Kelurahan Mongkonae,  Kecamatan Kotamobagu Barat,  Kota Kotamobagu. Jenis pohon yang ditanam, diantaranya Kayu Hitam, Kayu Nantu, pohon Manggis dan pohon Kayu Manis. Hutan Kota Kotamobagu diketahui memiliki luas kurang lebih 4,3 hektar  dan merupakan salah satu ikon Kota Kotamobagu. Rencananya di hutan tersebut akan ditanam sekitar 2000 pohon dengan berbagai jenis, yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu bekerja sama dengan pihak Korem 131/Santiago dan jajarannya Kodim 1303/Bolmong.

Hal tersebut merupakan bentuk  kepedulian pihak pemerintah daerah dan TNI untuk melestarikan lingkungan serta upaya menghijaukan hutan disekitarnya, sehingga terhindar dari dampak erosi dan banjir  serta mengurangi dampak dari pemanasan global. "Penanaman pohon adalah program dari pemerintah yang harus kita dukung dan laksanakan bersama sama," ujar Brigjen TNI Prince Putong.
Danrem 131/Santiago pun turut menyampaikan beberapa manfaat penanaman pohon untuk lingkungan, diantaranya:

• Manfaat estetis (keindahan). Pohon memiliki beberapa bentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karena itu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman.

• Manfaat Orologis. Akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah.

• Manfaat Hidrologis. Dalam hal ini di maksudkan bahwa tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikannya sebagai daerah resapan.

• Manfaat Klimatologis. Dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman. Maka, kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.

• Manfaat Ekologis. Lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam.

• Manfaat Hygienis. Sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat diperlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Jalan Kolonel Inf Leo Semoga Sukses Dalam Tugas Selanjutnya

Jabatan Dandim 1309/Manado Berganti Pejabat Kepada Letkol Inf Arif Harianto

Dandim 1304/Gtlo Panen Padi Bersama Distan dan BPTP Prov Gorontalo di Ds Bulotalangi Barat-Bonbol