TNI Manunggal Membangun Desa ke-108 di Minahasa Resmi Dimulai

Minahasa, Penrem 131/Santiago -- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang dilaksanakan di Desa Tempang 3, Langowan, Kabupaten Minahasa secara resmi dibuka pada Selasa (30/6/2020). 

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH bersama Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi pun memukul Tentengkoreng sebagai tanda dimulainya TMMD ke-108 secara resmi. 

Di awal pembukaan, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Rahardjo selaku Dan Satgas TMMD ke-108 Minahasa menyampaikan laporan terkait pelaksanaan kegiatan, mencakup sasaran pengerjaan baik itu fisik maupun nonfisik.  

Letkol Inf Slamet Rahardjo menjelaskan, sasaran fisik meliputi pengerjaan perintisan jalan sepanjang 1.750 meter dengan lebar 5 meter, jembatan penghubung sepanjang 12 meter dengan lebar 3 meter, pembuatan
Plat Duiker di Desa Tempang 3 sepanjang 6 meter dengan lebar 1,2 meter dan rintisan jalan di Desa Kakas Barat sepanjang 700 meter dan lebar 4 meter. 
Selain itu, atas permintaan masyarakat, sasaran pengerjaan lainnya juga akan dilaksanakan, yaitu Pos Kamling sebanyak 2 unit dan pembuatan jamban di rumah warga sebanyak 6 buah. 

Dengan target pelaksanaan selama 30 hari, setidaknya ada 150 orang yang terlibat dalam pengerjaan TMMD ke-108 ini, yaitu 120 personil dari TNI AD, 5 personil TNI AL, 2 personil AU, 12 personil Polres Minahasa, 2 personil Kejari, 1 personil Kemenag Minahasa dan 8 personil dari Pemerintah Kabupaten Minahasa. 

Dalam pembukaan pelaksanaan TMMD ke-108 tersebut, turut dilakukan penyerahan surat hibah tanah dari masyarakat kepada Kodim 1302/Minahasa, penyerahan bantuan sosial dari Korem 131/Santiago bersama jajaran Kodim 1302/Minahasa kepada warga masyarakat yang membutuhkan termasuk yang terdampak COVID-19. 

Usai pembukaan, Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Royke Roring, Kasiopsrem 131/Santiago Kolonel Inf Akatoto, Kasiintelrem 131/Santiago Letkol Inf Jeffry Bojoh, Letkol Inf Slamet Rahardjo, beserta Forkopimda Kabupaten Minahasa meninjau langsung lokasi pengerjaan jalan. 

Brigjen TNI Prince Meyer Putong pun berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat setempat atas kerjasama dan dukungan bagi TMMD ke-108. 

"Harapan saya peran TNI AD di wilayah sebagai bukti nyata adalah seperti yang kita lakukan ini, yaitu bermanfaat bagi masyarakat," ujar Prince Putong. 

Lanjutnya, dengan kehadiran TMMD ke-108 di wilayah Minahasa khususnya Desa Tempang 3, diharapkan dapat memberi dampak positif bagi aktivitas masyarakat setiap hari, khususnya dari sektor ekonomi. 

"Lewat TMMD ini, diharapkan turut membantu perekonomian masyarakat agar makin lancar, begitu juga yang lainnya. Terpenting adalah pelayanan kepada masyarakat makin baik," kata Danrem.

Pelaksanaan seluruh kegiatan rangkaian Pembukaan TMMD ke-108 di Desa Tempang 3 ini pun berjalan lancar  dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan penanganan COVID-19.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Jalan Kolonel Inf Leo Semoga Sukses Dalam Tugas Selanjutnya

Jabatan Dandim 1309/Manado Berganti Pejabat Kepada Letkol Inf Arif Harianto

Dandim 1304/Gtlo Panen Padi Bersama Distan dan BPTP Prov Gorontalo di Ds Bulotalangi Barat-Bonbol