"Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) Korem 131/Stg TA. 2019 Yang Diikuti 375 Resmi Ditutup."

Bitung.  Acara Penutupan latihan penanggulangan Bencana Alam Korem 131/Stg,  diwilayah Kodim 1310/Btg,   dilaksanakan di Aula Makodim 1310/Bitung  Kota Bitung,  oleh Kepala Seksi Operasi Korem 131/Stg, Kolonel Inf Akatoto   Jumat, (25/10/2019) 

Kegiatan latihan yang telah dilaksanakan selama lima hari ini melibatkan personel TNI jajaran Korem 131/Stg, POLRI, BPBD Kota Bitung, TAGANA, Dinas Kesehatan, Depsos,  Basarnas dan PMI Kota Bitung.  

 Hari ini adalah hari ke 5 yaitu  Latihan terakhir masuk pada materi drill tempur, yang dimulai dengan materi evakuasi terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kelurahan  Pateten 1, Kec.  Aertembaga Kota Bitung, evakuasi warga sakit, pembersihan  Pohon Tumbang yg menutup badan  jln RA Kartini no.45 Kelurahan Pateten Kota Bitung, Penyelamatan orang hanyut di Sungai Bir Kelurahan Girian atas ling.4 Kota Bitung, Penanganan Korban Tanah Longsor di Kel,Pateten 3 Kec.Maesa Kota Bitung dilanjutkan  Konfrensi Pers (Press Conference) di Posko Media Center Korem 131/Stg, oleh Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S. Sos selaku Dansatgas PRC.PB dan pihak  Basarnas, terkait informasi  aktual / perkembangan dituasi yang terjadi  sebenarnya dilapangan dan upaya atau langkah langkah yang sudah dilakukan  oleh Satuan Tugas PRC. PB.  

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan diwilayah Kodim Bitung,  selama 5 hari,  puncaknya adalah hari ini Jumat 25 Oktober 2019 dengan materi Drill tempur (Aplikasi termpur dilapangan sesuai dengan skenario latihan dihadapkan dengan  situasi dan kondisi sebenarnya dilapangan.  

Komandan Korem 131/Stg Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP, MSi yang  diwakili oleh Kepala Seksi Operasi Korem 131/Stg Kolonel Inf Akatoto dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan latihan penanggulangan bencana alam yang telah dilaksanakan selama 5 hari ini merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh sesuai dengan program kerja Korem 131/Santiago yang dikeluarkan dalam bentuk direktif latihan  bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan seluruh peserta latihan dalam merencanakan suatu operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah dalam penanggulangan bencana alam yang akan terjadi. 

Hal ini kiranya dapat memberikan gambaran kepada kita semua tentang Bagaimana prosedur hubungan komandan dan Staf,  terkait pengendalian operasi dalam mengolah data tentang situasi wilayah daerah yang berpotensi rawan bencana alam di wilayah jajaran Korem 131/Stg. 

Selama Iima hari ini para peserta telah mengikuti Latihan  dengan penuh semangat serta disiplin yang tinggi, sehingga seluruh rangkaian kegiatan Iatihan dapat diselesaikan dengan baik, mulai dari Driil Tehnis, Driil Taktis dan Driil Tempur. Oleh karena itu saya ucapakan terimakasih kepada para penyelenggara,  pelatih dan seluruh peserta latihan yang sudah melaksanakan dengan   penuh semangat dan dedikasi yang tinggi.  

" Pungkas Danrem 131/Stg Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP, MSi."
(Penrem).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Jalan Kolonel Inf Leo Semoga Sukses Dalam Tugas Selanjutnya

Jabatan Dandim 1309/Manado Berganti Pejabat Kepada Letkol Inf Arif Harianto

Dandim 1304/Gtlo Panen Padi Bersama Distan dan BPTP Prov Gorontalo di Ds Bulotalangi Barat-Bonbol