Latihan Penanggulangan Bencana Alam Resmi di Buka Oleh Kasiop Korem 131/Santiago

Bitung.  Acara  Pembukaan  latihan penanggulangan  Bencana Alam Korem 131/Santiago  di Aula Kodim 1310/Bitung pada hari Senin ( 21/10/2019) pagi tadi. 

Latihan penanggulangan Bencana alam Korem 131/Santiago  dibuka langsung oleh  Kasiop Korem  Kolonel Inf Akatoto  dihadiri oleh  Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S. Sos,  para Dan/Kabalak Aju Kodam XIII/Nerdeka,   Balak Rem 131/Stg, BPBD  Kota Bitung, Lurah Madidir Weru, Lurah Pateten dan para peserta   latihan berjumlah   375 orang  personel jajaran Korem.   

Kodim 1310/Bitung melaksanakan latihan penanggulangan Bencana Alam di wilayah tanggung jawabnya dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 131/Stg". Pelaksanaan latihan penanggulangan Bencana alam Korem 131/Santiago dilaksanakan selama 5 Hari dengan Metoda Drill,  Teknis,  Taktis dan Drill Tempur.  

Dalam acara pembukaan latihan tersebut Kepala Seksi Korem 131/Santiago membacakan Sambutan Komandan Korem 131/Santiago yang intinya, 
Pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seluruh peserta dalam merencanakan suatu operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam mengantisipasi situasi dan kondisi   apabila terjadinya bencana alam, sehingga dapat mengintegrasikan semua kemampuan yang dimiliki ketika menghadapi hal-hal  yang mungkin akan timbul.

Dengan demikian, melalui pelaksanaan Latihan ini, para prajurit dan peserta latihan  diharapkan mampu meningkatkan kemampuan prosedur penanggulangan bencana alam untuk kepentingan perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan  serta Komando  Pengendalian Operasi  Bantuan kepada Pemerintah Daerah  sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU nomor 34 tahun, 2004 tentang TNI,  diantaranya Operasi Militer Selain Perang (OMSP)  dalam rangka mengantisipasi berbagai potensi bencana serta penanganan korban personel maupun materiil di wilayah yang mengalami bencana alam.

Latihan yang akan berlangsung selama lima hari ini dirancang dengan menggunakan metoda latihan taktis dengan  pasukan, yang dikendalikan dan diikuti oleh para peserta, serta unsur-unsur pendukung lainnya. Diharapkan, pada akhir latihan nanti, para peserta dapat memahami prosedur hubungan Komandan dan staf  serta  Pengendalian Operasi dalam memperoleh data tentang daerah  yang mengalami bencana alam,  membantu masyarakat yang butuh bantuan, mengevakuasi serta mensosialisasikan prosedur penanggulangan bencana sehingga  dapat berkoordinasi dengan  semua unsur terkait dalam penanggulangan bencana alam tersebut.

Mengingat pentingnya pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam ini,  maka saya harapkan kepada para  peserta latihan agar dapat  melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, bersemangat dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tujuan pelaksanaan latihan benar-benar dapat terwujud sesuai harapan.  Pedomani teknik penyelenggaraan Latihan ini dengan baik dan benar, serta perhatikan faktor keamanan selama  kegiatan berlangsung, baik keamanan personel maupun materiil. " Ujar Danrem"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Jalan Kolonel Inf Leo Semoga Sukses Dalam Tugas Selanjutnya

Jabatan Dandim 1309/Manado Berganti Pejabat Kepada Letkol Inf Arif Harianto

Dandim 1304/Gtlo Panen Padi Bersama Distan dan BPTP Prov Gorontalo di Ds Bulotalangi Barat-Bonbol