TARIAN MABAILLU WARNAI PENUTUPAN TMMD 104 TALAUD

Upacara Penutupan TMMD ke-104 Kodim 1312/Talaud Tahun Anggaran 2019 yang dipusatkan di Desa Rusoh Kec. Beo Selatan Kabupaten Kepulaun Talaud  dan sebagai inpektur upacara Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri, S.I.P, M.Si. diwarnai dengan tarian adat Mabaillu. Bertempat di lapangan Sangkudiman Melonguane. (27/03).

Tarian Mabaillu ini merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat setempat yang diangkat dari tradisi masyarakat Talaud yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani. Dalam melakukan aktifitasnya setiap hari para petani menggunakan alat berupa Cangkul dan Soanna (Bika) untuk membantu mereka dalam mempermudah pekerjaan di kebun. mereka sering lakukan pekerjaan di kebun secara bersama-sama sehingga terasa mudan dan cepat seiesai, sedangkan Panamba atau (Tolu) merupakan penutup kepala yang para petani gunakan untuk berlindung dari sengatan matahari sehingga mereka bisa bekerja dengan nyaman, melalui tari ini men jak kita semua khususnya para generasi muda untuk terus memupuk kerjasama dan saling tolong menolong sehingga pekerjaan meskipun berat akan terasa ringan. 


Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Kodam XIII/Merdeka, Kolonel Arh Sintubas, Para Kasi Korem 131/Santiago, Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba,SE, Kapolres Melonguane AKBP Prasetya Sejati,SIK, Para Dandim jajaran Korem 131/Santiago, Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka bersama pengurus, Sekertaris Daerah Kepulauan Talaud, Sekda Ir.Adolf Binilang, Kasipidum Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Kepulauan Talaud.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Jalan Kolonel Inf Leo Semoga Sukses Dalam Tugas Selanjutnya

Jabatan Dandim 1309/Manado Berganti Pejabat Kepada Letkol Inf Arif Harianto

Dandim 1304/Gtlo Panen Padi Bersama Distan dan BPTP Prov Gorontalo di Ds Bulotalangi Barat-Bonbol